Hermenitika dapat kita
diartikan terjemah dan diterjemahkan. Hermenitika ini adalah sebagai perantara
untuk membangun Ethnomathematics dengan dasar critical menuju construct life
sehingga menjadi Ethnomathematics. Fakta-fakta budaya yang berada di sekitar
dunia siswa dalam kehidupan adalah cakupan dari Ethnomathematics.
LESSON
STUDY di UNIVERSITAS (http://powermathematics.blogspot.com/)
Lesson
study membawa dampak yang signifikan terhadap siswa maupun
guru. Hal ini memberi pengaruh baik karena siswa diajak untuk belajar secara
kreatif dan interaktif. Guru memberi
kesempatan siswa dalam mengeskplorasi dirinya dan memfasilitasi apa saja
yang perlu untuk mendukung proses pembelajaran. Peran guru harus mampu
mengidentifikasi kendala apa saja yang dialami siswa, sehingga guru dapat
menggunakan beberapa metode yang dianggap cocok untuk kesuksesan proses
pembelajaran. Tentu saja setiap siswa memiliki tingkat pemahaman belajar yang
beragam, ada yang cepat ada pula yang lambat. Prinsip keadilan harus diterapkan
oleh guru sebagai pendidik untuk membimbing siswa yang belajar cepat dan begitu
juga siswa yang lambat untuk senatiasa dilayani secara ekstra. Maka dari itu,
menjadi seorang guru haruslah kritis dan tidak boleh wegah-wegahan.
Pembudayaan
Matematika di sekolah untuk mencapai Keunggulan Bangsa
(http://staff.uny.ac.id/dosen/prof-dr-marsigit-ma)
Guru atau pendidik adalah sebagai
fasilitator para siswa dalam belajar matematika. Siswa dibiarkan untuk
berkreasi secara kreatif dan elaboratif sehingga mereka mampu menemukan sendiri
suatu konsep. Dalam mendukung proses pembelajaran, siswa dibantu beberapa media
pembelajaran seperti alat peraga dengan begitu mempermudah pemahaman konsep
yang diterima. Selain itu, guru memberi kesempatan mereka untuk mengemukakan
pendapat atau mengomunikasikan hasil pekerjaan agar mereka dapat mengetahui apa
kekurangan maupun kelebihan.
THE NATURE
AND HISTORY MATHEMATICS (https://uny.academia.edu/MarsigitHrd)
Kata “Matematika” berasal dari
Yunani yang berarti ilmu pengetahuan atau belajar. Pada masa
prestasi prasejarah, matematika dan the
flowering of phytagoreans memiliki bukti-bukti yang signifikan untuk
melacak hakekat matematika itu sendiri. Sedangkan non
Euklidean geometri untuk Geometri Euklidean memiliki beberapa dampak perkembangan kontemporer
matematika.
Matematikawan asal Yunani berperan
penting mempertahankan budaya di pelajaran eksak seperti matematika, astronomi
dan bidang terkait.
Pertanyaan:
- Bagaimana merancang guru matematika agar tidak hanya mengajar
namun mendidik siswa?
- Bagaimana menurut bapak menghadapi orang
yang pelit pada orang lain dalam hal memberi pengetahuan?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar