20 November 2014
Di buat oleh Marsigit (2014)
Saya berusaha membandingkan Filsafat dan Idealogi Pendidikan berdimensi makro dan mikro praktik pendidikan untuk beberapa kelompok masyarakat. Silahkan diberi tanggapan berdasar analisis pembaca masing-masing.
Saya berusaha membandingkan Filsafat dan Idealogi Pendidikan berdimensi makro dan mikro praktik pendidikan untuk beberapa kelompok masyarakat. Silahkan diberi tanggapan berdasar analisis pembaca masing-masing.
Pendidikan
Kapitalisme
|
Pendidikan
Saintisisme
|
Pendidikan
Sosialisme
|
Pendidikan
Spiritualisme
|
Pendidikan
Demokrasi
|
Pendidikan Kontemporer
Indonesia
(Praktek dan Fakta di lapangan)
|
|
Filsafat
|
Esensialisme
Realisme
Esistensialisme
|
Esensialisme
Realisme
Esistensialisme
|
Esensialisme
Realisme
Esistensialisme
|
Absolutisme
|
Esensialisme
Realisme
Esistensialisme
|
Esensialisme
Realisme
Esistensialisme
|
Ideologi
|
Kapitalisme
Liberalisme
Pragmatisme
Utilitarianisme
Materialisme
|
Kapitalisme
Liberalisme
Pragmatisme
Utilitarianisme
Materialisme
|
Sosialisme
Komunisme
Komunis
|
Fundamen-talisme
|
Demokrasi
|
Kapitalisme
Liberalisme
Pragmatisme
Utilitarianisme
Materialisme
|
Politik
|
Demokrasi-Kapital (Korporasi)
Investasi
Pasar Bebas
|
Kapital
Investasi
Pasar bebas
|
Sosialis
Komunis
Proteksi-hegemoni
Demok-Negara
|
Konservatif
|
Demokrasi
Nasionalisme
|
Demokrasi-
Transaksional
Egosentris-Pasar Bebas
|
Moral
|
Relatif
Hedonisme
|
Relatif
Hedonisme
|
Egosentris
Deontologi
|
Absolut
Spiritual
|
Moral
Deontologi
|
Krisis Multidimensi
|
Sosial
|
Alienasi
Multikultur
Global-sistemik-networking
|
Alienasi
Multikultur
Global-sistemik-networking
|
Dealienasi
Monokultur
Egaliter
Elitisme
|
Dealienasi
Monokultur
Egaliter
Elitisme
|
Alienasi
Multikultur
|
Primordial
Kolusi
Nepotisme
Korupsi
Local-intrinsic-networking
|
Budaya/
Karakter |
Pos Modern
Kontemporer
|
Pos Modern
Kontemporer
|
Modern
Klasik
|
Tradisional
Klasik
|
Modern
Pos Modern
|
Pos Modern
Konpemporer
|
Ilmu
|
Disiplin
|
Disiplin
|
Disiplin
|
Absolut
|
Kreatif
Interaktif
Aktivitas sosial |
Disiplin-Egosentris
|
Epistemo-
logi
Pendidikan
|
Pendidikan Laskar
Indoktrinasi
|
Pendidikan Laskar
Fenomenologi
|
Pendidikan Laskar
Indoktrinasi
|
Pendidikan Laskar
Indoktrinasi
|
Pendidikan Utk Semua
Fenomenologi
|
Pendidikan Laskar
Indoktrinasi
|
Kurikulum
|
Sbg Instrumen
Negara
|
Sbg Instrumen
Negara
|
Sbg Instrumen
Negara
|
Sbg Instrumen
|
Sebagai Kebutuhan
|
Instrumen Egosentris
|
Tujuan
Pendidikan
|
Investasi
Status quo
|
Investasi
Relatif Absolut
|
Hegemoni
Egosentris
Status quo
|
Mono-dualis
Status quo
|
Pembebasan
Kebutuhan
Reformasi
|
Investasi
Egosentris Status quo |
Teori Menga-jar
|
Berbasis Riset
Behaviorisme
Knowle-Based
|
Investigasi
Behaviorisme Knowle-Based
|
Transfer of knowledge
Behaviorisme
|
Ekspositori
Behaviorisme
|
Konstruktivis
Interaktif
|
Trans of know.
Ekspositori
Behaviorisme
|
Teori Belajar
|
Modeling
Motivasi-Eksternal
|
Eksplorasi
Motivasi-Eksternal
|
Modeling
Motivasi-Eksternal
|
Modeling
Motivasi-spiritual
|
Otonomi
Motivasi-intern
Konstruktivis
|
Modeling
Motivasi-eksternal
|
Peran
Guru |
Think Tank
Pengambang-terkendali
|
ThinkTank
Pelaksana
|
Think Tank
Pelaksana-terkendali
|
Model
Pelaksana-terkendali
|
Fasilitator
Pengembang
|
Think Tank
Pelaksana-terkendali
|
Kedudu-
kan Siswa |
Empty Vessel
|
Empty Vessel
|
Empty Vessel
|
Empty Vessel
|
Aktor Belajar
|
Empty Vessel
|
Teori Evaluasi
|
Eksternal
Ujian Nasional
|
Eksternal
Ujian Nasional
|
Eksternal
Ujian Nasioal
|
Evaluasi-Intrinsik
|
Penilaian-Berbasis Kelas
PortoFolio
Otentik-Asesm
|
Egosentris-
Eksternal
Ujian Nasional
|
Sumber/Alat Belajar
|
ICT
|
ICT
|
Media/Alat Peraga
|
Tradisional
|
Kreativitas Guru
|
Paket Pemerintah
|
Komentar:
Dimas Angga Nur Sasongko
121301241005
Pendidikan Matematika Subsidi 2012
Berdasarkan perbandingan Filsafat dan Idealogi Pendidikan di atas, dapat saya kaji bahwa sangat perbedaan mencolok terdapat pada pendidikan spriritualisme yang bersifat Absolut adanya. Nilai spiritual sangat wajib diberikan pada peserta didik guna mendukung proses pembentukan karakter. Omong kosong jika seseorang itu cerdas dan punya keterampilan tapi tidak berakhlaq. Dalam dunia pendidikan, ada 3 aspek yang perlu ada dan berjalan beriringan yaitu afektif, kognitif, dan psikomotor.
Ketiga aspek sangat diwajibkan.
Terimakasih.
121301241005
Pendidikan Matematika Subsidi 2012
Berdasarkan perbandingan Filsafat dan Idealogi Pendidikan di atas, dapat saya kaji bahwa sangat perbedaan mencolok terdapat pada pendidikan spriritualisme yang bersifat Absolut adanya. Nilai spiritual sangat wajib diberikan pada peserta didik guna mendukung proses pembentukan karakter. Omong kosong jika seseorang itu cerdas dan punya keterampilan tapi tidak berakhlaq. Dalam dunia pendidikan, ada 3 aspek yang perlu ada dan berjalan beriringan yaitu afektif, kognitif, dan psikomotor.
Ketiga aspek sangat diwajibkan.
Terimakasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar